Jumat, 03 Februari 2017

Batu Layar, Makam Keramat di Lombok Barat

Lombok tak hanya cocok untuk tempat wisata alam. Ada pula berbagai tempat wisata religi seperti Makam Batu Layar. Kabarnya, komplek makam ini menjadi lokasi peristirahatan seorang syekh yang pernah menyebarkan agama Islam di Lombok.

Makam Batu Layar ada di kawasan Senggigi, Lombok Barat, NTB, tak jauh dari Pantai senggigi. Makam tersebut menjadi tempat peristirahatan seorang penyebar agama Islam, yang diyakini bernama Syekh Sayid. Makam ini pun dikeramatkan oleh warga Lombok. Makam ini tampak cukup luas dengan pintu masuk di bagian depan dan belakang.

Biasanya, makam akan sangat ramai dengan para peziarah saat Lebaran Topat, sekitar 1 minggu setelah Idul Fitri. Lebaran ini umumnya memang diawali dengan ziarah ke makam yang dikeramatkan, termasuk Batu Layar.

Makam Batu Layar rupanya dianggap keramat karena warga setempat meyakini bahwa komplek ini merupakan lokasi peristirahatan terakhir Syekh Sayid. Konon, Syekh Sayid adalah seorang penyebar agama Islam di Lombok yang datang dari Baghdad. 


Beberapa publikasi yang lain menyebut nama tokoh Baghdad yang datang bernama Syeh Syayid Muhammad Al Bagdadi.

Setelah menyebarkan agama Islam, syekh ini ingin pulang ke negaranya. Ia pun pergi ke tepian pantai di kawasan Batu Layar dan duduk di sebuah batu. Kemudian, ada hujan lebat disertai petir dan tiba-tiba Syekh Sayid menghilang.

Cerita yang beredar pun menyebutkan bahwa yang dikubur di Makam Batu Layar bukanlah jasad Syekh Sayid, melainkan hanya beberapa benda miliknya. Walaupun begitu, makam ini tetap dianggap keramat oleh warga Lombok.

Nah, jika sedang liburan di Lombok dan ingin ziarah, Anda bisa langsung datang ke makam setiap hari. Tidak ada biaya masuk ke makam, tetapi ada kotak amal yang tersedia jika Anda ingin memberikan sumbangan seikhlasnya.

Di seberang Makam Batu Layar, ada sebuah gardu pandang dimana traveler bisa menyaksikan keindahan Pantai Senggigi dan sekitarnya dari ketinggian.


EmoticonEmoticon